Menikmati Dunia Intelijen Jepang Klasik dari Anime

Menikmati Dunia Intelijen Jepang Klasik dari Anime

Joker Game, adalah sebuah cerita animasi Jepang yang diangkat dari sebuah novel misteri karangan Koji Yanagi pada tahun 2009. Joker Game merupakan cerita fiksi yang mengambil banyak plot sejarah Jepang yang nyata.  Karya Joker Game ini cukup baik dengan mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat dan berhasil memenangkan penghargaan Mystery Writers of Japan. Plot cerita Joker Game membahas tentang kisah seluk beluk kehidupan intelijen pada masa sebelum perang dunia kedua. 

Joker game berkisah tentang kehidupan dan lika-liku hidup para anggota organisasi intelijen khusus yakni D-Agency yang dibawah pimpinan oleh Letnan Kolonel Yuuki. Diceritakan letkol Yuuki adalah perwira Angkatan darat Jepang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mendalam dalam dunia intelijen. Dia mendapatkan kepercayaan tinggi untuk membentuk pasukan khusus dalam menjalankan misi misi intelijen internasional Jepang. Letkol yuuki merupakan sosok perwira jenius yang memiliki keyakinan jika intelijen dilakukan oleh orang yang murni militer memiliki keterbatasan dan kebiasaan yang kurang baik pada penugasan. Salah satunya adalah masalah jiwa korsa.

Dalam plot cerita Joker Game pada tahun 1937, merupakan saat dimana memanasnya suasana awal perang dunia kedua. Hal ini membuat pemerintah Jepang menugaskan letkol yuuki untuk membuat sebuah organisasi intelijen rahasia yang hanya diketahui segelintir petinggi militer. Tidak semua petinggi militer menyukai keputusan tersebut, bahkan ada yang sampai membuat organisasi intelijen khusus untuk menandingi D-Agency bernama Kaze-Agency yang berisikan tentara yang telah mumpuni dalam intelijen Angkatan darat. Namun demikian dalam sebuah misi Kaze-Agency mengalami kegagalan dan binasah. D-Agency  beranggotakan pemuda pemuda berpotensi yang telah dipilih Letkol yuuki yang telah telah lulusan seleksi super ketat. Mereka menjalankan pendidikan khusus intelijen yang mendorong mereka sampai batas puncak fisik dan mentalnya. Mereka bahkan dijuluki moster oleh para petinggi militer Angkatan darat Jepang. Beberapa topik yang keluar dalam episode Joker Game membahsa tentang misi kemiliteran Jepang di China, Rusia, sampai dengan misi mencari penghianat dalam tubuh politik Jepang itu sendiri.

Cerita Joker Game memiliki sebuah episodic nature yang berarti mereka menyiarkan cerita yang berbeda di hampir setiap episodenya. Namun bukanlah masalah karena justru ini salah satu daya Tarik dalam cerita Joker Game. jika mengikuti sebuah cerita bersambung, ceritanya akan menjadi sangat mainstream.

Ide cerita Joker Game sangat manarik karena Tidak hanya menceritakan sisi keberhasilan mereka, tapi juga kegagalan dan bahkan kematian yang dihadapi anggota intelijen tersebut. Kehidupan anggota intelijen yang tidak boleh diketahui siapapun, mengemban misi berbahaya demi kelancaran politik negaranya menjadi sebuah daya Tarik tersendiri.

Tidak seperti cerita anime lain yang memiliki kemampuan khusus,  mereka hanya mempercayai keahlian dan latihan khusus yang telah dijalankan masing-masing dan menggunakan taktik untuk memperdaya musuh mereka. Moto “Don’t die, don’t kill” adalah doktrin utama D-Agency oleh kolonel yuuki. Hal ini dikarena bila seseorang mati, maka polisi dan pihak-pihak merepotkan lain akan terlibat. Siapa yang tetap bisa selangkah lebih maju dibanding lawannya adalah yang akan memenangkan pertarungan tersebut.

Jika mengerti sejarah Jepang  secara tidak langsung anime ini meyindir sejarah militer Jepang di masa lalu, dimana mereka yang mendoktrin tentaranya menjadi pasukan berani mati. Tentara Jepang percaya kalau mereka bisa memenangkan perang hanya bermodal semangat, hal itu pun yang kemudian terjadi pada intelijen militer Jepang itu sendiri. Berbeda dengan cerita film Barat  yang cendrung menggunakan otot atau senjata canggih mereka untuk menerjang musuh, Joker Game berfokus pada perang informasi antar negara untuk mendapatkan keunggulan atas negara lain.

Setiap episode dari Joker Game selalu memiliki misteri-misterinya tersendiri. Bagaimana seorang mata-mata bisa kabur di tengah markas musuh, bagaimana seorang mata-mata bisa memanfaatkan orang lain, atau bagaimana mereka bisa memanfaatkan keadaan supaya berpihak kepada mereka. Film ini juga memberikan potongan-potongan puzzle tersendiri yang dapat kamu rangkai bila kamu cukup cermat. Walaupun tetap saja ada beberapa informasi yang berada di luar petunjuk yang diberikan, namun menebak-nebak apa yang akan terjadi berikutnya dalam anime ini selalu membuat penontonnya penasaran.

Kualitas yang tinggi dari gambar dan musik  dalam Joker Game yang  dipadu dengan cerita-cerita realistis kehidupan mata-mata yang terkadang tidak seindah yang diceritakan Hollywood adalah ciri utama dari Joker Game. Bagi yang berminat silahkan bisa menikmati 12 episode Joker Game di beberapa situs gratis di online. Selamat menyelami dunia intelijen jepang klasik.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply