Komandan Kapal Perang Aegis Wanita Pertama JMSDF.

Komandan Kapal Perang Aegis Wanita Pertama JMSDF.

Pada 2 Desember 2019 lalu, Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) membuat sejarah baru. Kolonel Otani Miho, resmi menjadi Komandan Kapal Perang tipe Aegis (護衛艦) JS Myoko, yang menjadikannya sebagai wanita pertama yang menjabat Komandan di Kapal kelas ini.

Kapal perang Aegis adalah sebutan bagi kapal perang yang menggunakan Aegis Combat Management System. Aegis Combat Management System merupakan sistem terpadu persenjataan kapal yang dikembangkan oleh Amerika Serikat dan diproduksi oleh perusahaan Lockheed Martin. Keistimewaan dari sistem ini yaitu mampu mengintegrasikan SPY 1 Phased Array Radar dan sensor lainnya, dengan sistem persenjataan termasuk rudal anti udara, sistem informasi dan data link sehingga mampu menembak lebih dari 20 sasaran dalam waktu yang bersamaan, dibandingkan dengan kapal perang lainnya yang hanya mampu menembak 2-3 sasaran dalam waktu bersamaan. Selain US Navy, saat ini sistem ini juga digunakan oleh Japan Maritime Self Defense Force (AL Jepang), Spanish Navy (AL Spanyol), Royal Norwegian Navy (AL Norwegia), Republic of Korea Navy (AL Korea Selatan), dan Royal Australian Navy (AL Australia).

JS Myoko adalah salah satu Kapal perang JMSDF yang dilengkapi dengan Aegis Combat Management System dengan kemampuan pertahanan anti rudal balistik. Kapal dengan bobot 7250 ton, panjang 161 meter, dan diawaki oleh 300 personel ini merupakan kapal perang tercanggih yang dimiliki AL Jepang saat ini.

Tradisi penyambutan Komandan baru dilaksanakan di atas kapal JS Myoko yang sedang berlabuh jangkar di JMSDF Maizuru, Prefektur Kyoto. Sebagai Komandan yang baru Kolonel Otani memasuki JS Myoko menggunakan sekoci Komandan dan disambut oleh seluruh anak buah kapal.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang tugasnya sebagai Komandan Kapal Perang kelas Aegis, Kolonel Otani mengerti bahwa tugas dan tanggung jawab yang diemban sangat berat, namun yakin dapat melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Tercatat saat ini US Navy mengoperasikan 67 Kapal kelas Arleigh Burke dan 22 kapal kelas Ticonderoga yang memiliki kemampuan Aegis. Jepang sendiri saat ini memiliki 8 Kapal dengan kemampuan Aegis, yang terdiri dari 4 Kapal kelas Kongo (Generasi I), 2 Kapal kelas Atago (Generasi II) dan 2 Kapal kelas Myoko (Generasi III). Keunggulan Kapal Aegis yang dimiliki Jepang dan tidak dimiliki oleh kapal sejenis negara lain yaitu memiliki kemampuan Aegis Ballistic Missile Defense yang mampu meluncurkan dengan peluru kendali jarak jauh SM-3 untuk menghancurkan rudal balistik, terutama dalam menghadapi ancaman dari Korea Utara yang acap kali melakukan percobaan rudal balistik di sekitar perairan Jepang.

 

Kolonel Otani Miho merupakan perwira angkatan laut Jepang lulusan National Defense Academy of Japan (NDA) tahun 1996 dan sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Komandan Kapal Perang Latih JS Shimayuki tahun 2013 dan Komandan Kapal Perang Destroyer JS Yamagiri tahun 2016. Karirnya cukup menonjol, sebagai lulusan pertama perwira wanita lulusan NDA, juga yang mengawali jejak komandan kapal perang pertama di JMSDF. 

Referensi :

https://www.mbs.jp/news/sp/kansainews/20191202/GE00030668.shtml

https://www.sankei.com/life/news/191202/lif1912020019-n1.html

Photos by ja.wikipedia & mainichi.co.jp

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply