Jepang Berniat Perkuat Hubungan Bidang Pertahanan dengan Negara-negara Asia-Pasifik

reuni_nda_01

Pada tanggal 28 s.d. 29 Nopember 2019, Kementerian Pertahanan Jepang telah menyelenggarakan reuni pertama alumni National Defense Academy Jepang asal negara-negara Asia seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos, Korea Selatan, Mongolia, dan Timor Leste. Reuni pertama ini dihadiri oleh 48 perwira dari 12 negara tersebut.

Rangkaian kegiatan reuni ini diawali dengan Round-Table Talk dengan menteri pertahanan Jepang di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang, Tokyo. Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertahanan Jepang, Taro Kono, mengatakan bahwa reuni ini merupakan upaya pertama pembangunan jaringan kerjasama alumni NDA Jepang di level internasional yang dapat menjadi jembatan penghubung antara negara-negara asal alumni dengan Jepang.

“Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti kerja sama dalam penanganan bencana”, kata Taro Kono.

Kegiatan kemudian berlanjut dengan resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Pada kesempatan ini, PM Abe berharap reuni ini dapat memperkuat hubungan bilateral antara Jepang dan negara-negara asal alumni serta dapat membentuk jaringan keamanan yang lebih luas di level Asia-Pasifik.

“Reuni ini adalah upaya pertama untuk membangun jaringan dengan alumni National Defense Academy Jepang asal negara sahabat. Kedepan, melalui kesempatan seperti ini, saya berharap dapat memperkuat hubungan saling pengertian dan saling percaya antara Jepang dan tiap negara asal alumni, kemudian dengan berkembangnya jaringan ini baik secara vertikal maupun horisontal, di masa depan, akan menjadi network keamanan yang lebih luas di kawasan Asia-Pasifik”, ujar PM Abe dalam sambutannya.

Sementara itu, salah satu perwakilan alumni asal Indonesia, atas nama Mayor Laut(P) Wayan Mahardhika Wijaya, dalam pidato singkatnya menyampaikan harapan untuk dapat mengimplementasikan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan berbagai ilmu yang didapatkan selama menuntut ilmu di Jepang demi peningkatan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang.

“Dengan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan berbagai ilmu yang didapatkan selama menuntut ilmu di Jepang, kami berharap dapat berkontribusi dalam upaya-upaya peningkatan hubungan yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Jepang”, ujarnya.

Pada hari ke-2, 29 Nopember 2019, rangkaian kegiatan reuni berlanjut di kampus National Defense Academy Jepang. Pada kesempatan itu, Presiden National Defense Academy Jepang, Ryosei Kokubun, menyelenggarakan acara penyematan pin National Defense Academy Jepang kepada tiap perwakilan alumni yang hadir pada acara tersebut.

Hingga acara reuni ini, alumni NDA Jepang asal Indonesia berjumlah 37 orang, namun yang dapat hadir pada acara kali ini hanya 2 orang, a.n. Mayor Laut (P) Wayan Mahardhika Wijaya, B.Eng., M.Eng dan Mayor Tek Alradix Djansena, B.Eng., M.Eng. Saat ini, keduanya sedang menuntut ilmu di Command and Staff College masing-masing angkatan (JMSDF dan JASDF) di Tokyo, Jepang.

Referensi:

https://www.kantei.go.jp/jp/98_abe/actions/201911/28reception.html

https://www.vivanews.com/berita/dunia/21916-jepang-berharap-makin-sering-bertukar-ilmu-dengan-perwira-tni?medium=autonext

https://www.tribunnews.com/internasional/2019/11/29/tni-hadiri-acara-temu-alumni-akademi-pertahanan-jepang

Photos by Japan Ministry of Defense

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply