Oshin dan Asadora

Oshin dan Asadora

Bagi generasi yang terlahir setidaknya akhir tahun 1980an, pastilah akan mengaitkan segala sesuatu mengenai Jepang dengan “Oshin”. Serial Oshin yang ditayangkan TVRI kala itu memang sangat populer dan sukses memberikan gambaran kuat tentang Jepang kepada masyarakat Indonesia. Dari statistik milik stasiun TV NHK Jepang, produsen Oshin, hingga saat ini belum ada program serial Asadora sejenis yang ratingnya mampu mengalahkan Oshin. Tunggu dulu! apa itu Asadora?

Asadora adalah kependekan dari Asa (=pagi) – Dorama (=drama), yaitu serial drama bersambung yang telah ditayangkan stasiun TV nasional Jepang, NHK, sejak tahun 1961. Pada awalnya, program ini bermula dari serial drama radio yang cukup populer pada era akhir Perang Dunia II. Seiring munculnya siaran televisi pada tahun 1958, siaran drama radio tersebut kemudian berubah bentuk menjadi asadora yang terus disiarkan hingga saat ini, termasuk Oshin yang melegenda pada tahun 1983.

Total sudah lebih dari 90 judul serial yang disiarkan oleh NHK, yang kemudian juga dapat dinikmati melalui saluran TV kabel maupun stasiun televisi di luar negeri. Meskipun berdurasi hanya 15 menit, namun serial Asadora ini dapat ditonton tujuh hari seminggu sepanjang tahun. Ciri khas Asadora adalah menampilkan anak muda sebagai tokoh sentral yang dengan segala macam perhelatan masalah hidupnya di negara Jepang, pada akhirnya mampu bertahan dan diharapkan dapat menyalurkan semangatnya kepada para penonton.

Serial Oshin yang fenomenal memang termasuk serial dengan masa tayang setahun, sedikit berbeda dengan Asadora masa kini yang “hanya” enam bulan. Rivalitas NHK Tokyo dengan NHK Osaka, sebagai produsen utama serial Asadora, secara tidak langsung telah mengobarkan “Perang Dingin” di antara keduanya demi pengakuan sebagai produsen terbaik serial Asadora ini. Ada beberapa judul yang mendapatkan catatan khusus dari NHK, seperti Oshin (1983, Rating Tertinggi, 62%), Massan (2014, serial pertama dengan orang asing sebagai tokoh sentral), Mare (2015, serial pertama yang direkam secara digital), serta Asa ga kita yang sedang tayang saat ini, sebagai serial dengan setting waktu paling kuno, yaitu awal munculnya Restorasi Meiji dan mengusung soundtrack “365nichi no Kami Hikoki” oleh AKB48.

 

http://www.nhk.or.jp/asagakita/

https://ja.wikipedia.org/wiki/%E6%9C%9D%E3%83%89%E3%83%A9

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply