MARI BELAJAR TEKNIK BERFIKIR NOL DETIK ALA YUJI AKABA

MARI BELAJAR TEKNIK BERFIKIR NOL DETIK ALA YUJI AKABA

Bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan berfikir, baik mencari ide dan memecahkan permasalahan ada sebuah buku menarik dari Jepang. Namanya Teknik berfikir 0 detik (ゼロ秒思考) yang ditulis oleh Yuji Akaba. Akaba merupakan seorang konsultan dari perusahaan Mc Kinsey yang terkenal menghasilkan para karyawan yang memiliki kemampuan manajerial dan problem solving yang diakui internasional. Dalam buku tersebut Akaba ingin meperkenalkan sebuah Teknik cara berfikir mendalam dan kemampuan dalam meningkatkan kecepatan berfikir. Akaba menjelaskan bahwa pengalamannya bekerja sebagai konsultan selama 14 tahun dan berhadapan dengan banyak client, Akaba merasakan bahwa banyak clientnya yang memiliki permasalahan dalam hal tidak mampu dalam berfikir mendalam. Secara umum permasalahan yang dirasa kebanyakan orang adalah kurang memiliki kemampuan untuk memahami permasalahan, menata, dan melakukan output yang tepat sehingga menjadi sebuah kedala besar dalam bekerja.

PENULIS BUKU BERFIKIR NOL DETIK
YUJI AKABA

Buku ini mengajarkan secara mendetail bagaimana menuangkan itu semua dengan menggunakan alat tulis dan memo sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan berfikit mendalam dan juga meningkatkan kecepatan berfikir. Dalam buku ini secara garis besar ada dua bagian yang dibahas yakni bagaimana berfkir mendalam dan berfikir dengan cepat. Akaba juga membahas banyak orang pada umumnya tersendat dengan cara berfikir yang dangkal dan hanya berputar putar tanpa kejelasan. Meskipun banyak orang secara Skill yang dianggap mumpuni namun demikian sering kali masih terjerat dalam kedua jebakan berfikir tersebut. Yang disebut dengan cara berfikir yang dangkal, secara harafiah mengartikan tidak berusaha atau tidak mampu mendalami sebuah permasalahan dan hanya mampu malihat permasalahan dari kover depannya saja. Sebagai buktinya ketika diberi pertanyaan bagaimana dengan arti yang dimaksud tersebut sering kali orang hanya terdiam dan tidak mampu menjawab dengan cepat dan tepat.

Kebiasaan berfikir yang tidak tepat tidak akan pernah mampu memberikan sebuah jawaban yang berkualitas dalam problem solving dan hanya berakhir di kulitnya saja tanpa pernah menyentuh inti permasalahan. Menurut akab kemampuan berfikir cepat dan dalam itu bukan dikarenakan karena pintar atau tidaknya seseorang melainkan kebiasaan dan latihan yang dilakukan secara berkala.

Buku karya Akaba ini juga membahas bagaimana cara melatih dan bagaimana efek yang akan didapat dari latihan tersebut. Akaba meyakinkan apabila setiap hari menerapkan cara latihannya secara terus menerus dalam 1 hari 10 menit saja maka paling cepat dalam 3 minggu akan merasakan efek yang signifikan dengan diikuti oleh peningkatan kecepatan berfikir dan juga kemampuan berfikir mendalam.

Berikut ringkasan Teknik latihan berfikir cepat dan mendalam :

Yang perlu disiapkan :

  1. Pulpen
  2. Kertas A4

Langkah langkah :

  1. Tulis judul permasalahan yang ingin kita tulis
  2. Buat 5 sampai 6 poin kosong
  3. Setiap point maksimal 80 kata
  4. Tulis hanya dalam kurung waktu kurang dari satu menit
  5. Penulisan jangan memikirkan bentuk bahasa maupun bagusnya tulisan, namun fokuskan tulisan pada apa yang terpikirkan untuk dapat langsung dituangkan dalam kertas.
  6. Lakukan dalam sehari 10 kali sehingga total 10 menit dalam sehari.

Selain menulis tentang ide, cara berfikir atau pun problem solving bisa juga digunakan untuk menganalisi perasaan terhadap orang lain. Sebagai contoh judul “alasan mengapa saya tidak menyukai dia”. Ketika telah selesai menulis tanpa disadari, kita akan menemukan jawaban bahwa alasan-alasan tersebut ternyata tidak sepelik yang dirasa sehingga mampu mengurangi amarah atau pandangan negetif kita pada orang lain. Sehingga bisa juga digunakan sebagai terapi mental pribadi. Hal ini sering kali tejadi dikarenakan manusia terlalu cepat menanggapi emosi yang muncul sehingga kemampuan berfikir secara jernih tidak berjalan pada saat itu. Namun jika dibiarkan akan jutru semakin memperburuk keadaan maupun hubungan interpersonalnya.

CONTOH MENUANGKAN IDE DALAM 1 MENIT

Akaba menyimpulkan bahwa dengan Teknik menulis memo ini maka seseorang akan semakin mampu melihat situasi dan permasalahan yang menimpat dirinya lebih jernih lagi. Dengan kondisi memiliki kemampuan melihat yang jelas maka seseorang akan mampu melihat inti dari permasalahan yang terjadi, sehingga mampu memutuskan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menangani permasalahan tersebut.

Dalam kesempatan ini penulis juga telah menerapkan Teknik berfikir mendalam ala Akaba ini selama satu bulan. Penulis dengan jujur merasakan bahwa kemampuan dalam menata informasi dan permasalahan jauh meningkat. Serta waktu yang dibutuhkan dalam setiap mengahadapi permasalahan dirasa begitu cepat dibandingkan sebelumnya.

Bagi anda yang tertarik dengan meningkakatkan kemampuan berfikir dan memcecahkan permasalahan silahkan cara Akaba ini dapat dipraktekkan sehingga anda dapat merasalan manfaat yang lebih dari sebelumnya. Semoga bermanfaat .

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply