Kockums A26: Kapal Selam Hantu dari Swedia

Kockums A26: Kapal Selam Hantu dari Swedia

Perusahaan perkapalan Swedia, SAAB, mengumumkan sebuah kapal selam modern yang menggemparkan dunia Angkatan Laut. Kapal selam yang diberi kode “A26” ini, rencananya akan memiliki panjang 62 m, lebar 6.4 m, displacement sebesar 1800 ton dan mampu membawa torpedo berukuran 533 mm dan 400 mm hingga 15 buah. Besar dimensi A26 ini kira-kira sebesar kapal selam Scorpene AM-2000.  Sekilas, kapal selam ini kelihatannya biasa saja. Apakah yang membuat kapal selam ini begitu spesial? Jawabannya adalah kapal selam ini diyakini akan menjadi kapal selam yang paling sunyi di dunia.

Apakah yang membuat kapal selam A26 ini diyakini mampu menjadi kapal selam tersunyi di dunia? Ada dua jawabannya, yaitu kapal selam ini menggunakan mesin diesel-elektrik dengan sistem Kockums Stirling AIP (Air-Independent Propulsion) dan teknologi stealth terbaru yang diberi nama GHOST (Genuine HOlistic STealth).

Kapal selam diesel-elektrik (SSKs) sudah dikenal dengan mesinnya yang tidak menimbulkan banyak suara, namun memiliki kekurangan menghasilkan sedikit tenaga dan ketahanan yang kurang. Kekurangan dari mesin diesel-elektrik ini di atasi dengan sistem Kockums Stirling AIP, yang menggunakan oksigen cair dan bahan bakar simpanan untuk menghasilkan energi di dalam air. Teknologi AIP ini juga membuat A26 mampu bergerak dalam air tanpa muncul ke permukaan hingga 18 hari.  Ditambah lagi, teknologi AIP yang dimiliki oleh Perusahaan Kockums dari Swedia sudah tidak diragukan lagi di dunia internasional. Bahkan, Kockums merupakan perusahaan yang ikut serta mengembangkan teknologi AIP pada kapal selam 4100 ton kelas soryu yang dimiliki Angkatan Bersenjata Jepang.

Sistem AIP sudah cukup membuat sebuah kapal selam menjadi hampir tidak terdengar. Pada A26, sistem AIP ini diimbangi dengan teknologi stealth yang diberi nama GHOST. GHOST adalah teknologi stealth dimana material dan kontur baik eksternal maupun internal A26 disesuaikan untuk meminimalisir pemantulan suara. Sehingga sebaagian besar dari gelombang suara yang mengenai lambung A26 akan di serap. Selain itu, di bagian internal A26 juga dipasang karet peredam suara di tempat-tempat yang menghasilkan banyak suara, seperti ruang mesin, dsb.

Dengan dua sistem di atas, kapal selam Kockums A26 dipesan seharga $500 juta oleh Angkatan Bersenjata Swedia dan akan selesai pada tahun 2024. Sungguh bukan harga yang besar untuk mempertahankan kedaulatan negara. (FAW)

 

 

 

read more

http://saab.com/naval/Submarines-and-Warships/submarines/Kockums-A26/

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3147721/Saab-unveils-superstealth-ghost-submarine-says-virtually-invisible-enemies-allows-divers-silently-enter-exit.html

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply